Matsama MTs Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2023/2024

  • Mas Admin
  • Disukai 0
  • Dibaca 744 Kali
Matsama MTs Negeri Lima Malang

Memasuki tahun ajaran baru, MTs Negeri 5 Malang mengadakan Masa Ta’aruf Madrasah(Matsama) sebagai upaya untuk mengenalkan peserta didik baru dengan budaya madrasah. Matsama ini dilaskanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 16, 17, dan 19 Juli 2023.

Sebelum pelaksanaan Matsama, para peserta didik dan orang tuanya terlebih dahulu melaksanaan agenda Pra-Matsama di madrasah. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan kegiatan Matsama sekaligus sosialisasi program madrasah. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan Pra Matsama ini dilaksanakan di tiga titik, yaitu; mushola, aula, dan beberapa kelas di bagian belakang MTs Negeri 5 Malang.

Peserta Matsama pada tahun ajaran 2023/2024 ini adalah sebanyak 250 peserta didik baru. Mereka terbagi ke dalam delapan kelas, yaitu kelas 7A(Kerajaan Singhasari), 7B(Kerajaan Kanjuruhan), 7C(Kerajaan Majapahit), 7D(Kerajaan Samudra Pasai), 7E(Kerajaan Demak), 7F(Kerajaan Mataram), 7G(Kerajaan Kutai), dan kelas 7H(Kerajaan Sriwijaya). Penamaan kelas dengan nama-nama kerajaan menurut Anang Zunaidi yang merupakan ketua panitia  Matsama ini adalah agar para peserta didik tidak lupa pada sejarah. “Bangsa besar adalah bangsa yang tidak lupa pada sejarah bangsanya”, tegasnya.

Hari pertama Matsama pada tanggal 16 Juli 2023 dibuka dengan apel bersama dengan kepala madrasah bertindak sebagai Pembina apel. Kepala madrasah bernama Ahmad Musthofa ini berpesan kepada para peserta Matsama untuk serius mengikuti kegiatan. Ke depan, kegitan ini akan sangat bermanfaat dalam rangka adaptasi dan memperoleh kesuksesan belajar di lingkungan baru; MTs Negeri 5 Malang. Untuk meraih ilmu yang bermanfaat, perlu sekali untuk mengetahui dan menaati adab-adab dalam proses belajar. Hal ini sesuai dengan tema Matsama; ”Bil Adabi Tafhamul Ilmu” yang artinya Dengan Adab Kamu Dapat Memahami Ilmu. 

Berikutnya, kegiatan matsama diisi dengan pemateri dari Polsek Donomulyo, Tim PAI, Tim Tatib, dan Tim BK. Polsek Donomulyo menyampaikan materi tentang “Adab Fil Baldah” yang muatannya meliputi bahaya narkoba dan tertib lalu lintas. Tim PAI menyampaikan materi tentang “Adab Fil Islam”. Materi kedua ini meliputi ancaman dosa Khamr, Narkoba, dosa asusila, dan dosa meninggalkan salat 5 waktu. Sedangkan Tim Tatib menyampaikan “Adab Fil Thaah” yang memuat materi tentang tatib di madrasah, sanksi, dan skor pelanggarannya. Sedangkan Tim BK menyampaikan “Adab Fil Madrasah”, dan muatan materinya adalah tentang Etika bermedia sosial, Etika berkomunikasi digital dengan guru, dan mekanisme layanan BK. 

Setelah materi selesai disampaikan, kemudian para peserta Matsama melakukan salat jamaah dhuhur di musolla madrasah. Sebelum pulang, para peserta Matsama kembali ke kelas dengan didampingi oleh wali kelas dan Osis untuk mempersiapan yel-yel yang digunakan sebagai lomba dan penyemangat di kegiatan Matsama kali ini. Selain itu mereka mempersiapkan kegiatan untuk hari berikutnya.  

Pada hari ke dua, kegiatan Matsama dimulai dengan salat dhuha berjamaah. Kegiatan ini memang sudah menjadi rutinitas pagi sebelum memulai pembelajaran sebagai upaya pembiasaan bagi peserta didik. Setelah itu ada kegiatan yang merupakan implementasi dari materi Adab Fil Jismi War Rukh(adab jasmani dan rohani). Kegiatannya adalah jelajah wilayah sekitar madrasah. Mekanisme kegiatan ini adalah para peserta Matsama dibagi ke dalam grup-grup yang mana masing-masing grup terdiri dari 10 orang. Dalam jelajah ini ada pos-pos pemberhentian dan masing-masing grup mendapat pertanyaan-pertanyaan untuk penguatan tujuan belajar di madrasah ini. Mereka kemudian mendapat konsumsi dari guru dan panitia yang berjaga di pos-pos tersebut.


Kamis, 20 juli 2023 merupakan hari terakhir pelaksanaan matsama. Di hari ke tiga matsama ini kegiatan diisi dengan berbagai lomba yang menjadi ajang pencarian bakat bagi peserta didik baru. Lomba-lomba tersebut meliputi lomba yel-yel, pindah sarung, lomba puisi berkelompok, lomba memasukkan paku di botol, lomba jurnalis dan fotografi, lomba memindahkan air, dan lomba memindahkan air. Masing-masing lomba ini merupakan lomba berkelompok. Para peserta lomba sangat antusias mengikuti jalannya perlombaan. Masing-masing kelompok tampak ngotot dan berusaha maksimal untuk meraih kemenangan. 


Adapun para pemenang lomba-loomba tersebut adalah sebagai berikut:


1. Lomba yel-yel :Juara 1: 7A, Juara 2: 7B, Juara 3: 7E

2. Lomba pindah sarung :Juara 1: 7E, Juara 2: 7D, Juara 3: 7B

3. Lomba puisi berkelompok :Juara 1: 7A, Juara 2: 7B, Juara 3: 7H

4. Lomba memasukkan paku :Juara 1: 7G, Juara 2: 7C, Juara 3: 7F

5. Lomba jurnalis dan fotograf :Juara 1: 7A, Juara 2: 7D, Juara 3: 7F

6. Lomba memindahkan air :Juara 1: 7D, Juara 2: 7E, Juara 3: 7B. 


Anang Zunaidi selaku ketua panitia mengatakan bahwa hadiah lomba akan diberikan pada hari Selasa, 25 Juli 2023. Diharapkan, hadiah perlombaan ini akan semakin memacu semangat para peserta didik baru untuk menggapai prestasi di MTs Negeri 5 Malang.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin