Meriahnya Peringatan Hari Pahlawan di MTs Negeri 5 Malang

  • Mas Admin
  • Disukai 0
  • Dibaca 546 Kali
Dokumentasi kegiatan

10 November selalu terkenang oleh bangsa Indonesia dengan catatan tinta emas. Perjuangan para pahlawan di era kemerdekaan memang harus terus dikenang dan diteladani oleh generasi penerus bangsa ini. Apabila perjuangan yang dilakukan di zaman lampau dengan mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, maka generasi muda sekarang berjuang dengan mengisi kemerdekaan itu. 

Dikutip  dari surat edaran Menteri Sosial Republik Indonesia terkait peringatan hari Pahlawan tahun 2023, tema yang diusung adalah “SEMANGAT PAHLAWAN UNTUK MASA DEPAN BANGSA DALAM MEMERANGI KEMISKINAN DAN KEBODOHAN”. Berkaitan dengan itu, lembaga-lembaga pendidikan dan berbagai kalangan dari berbagai lapisan masyarakat memperingati hari pahlawan ini dengan aneka ragam kegiatan.

MTs Negeri 5 Malang punya caranya sendiri untuk memperingati hari pahlawan ini. Bahwa melakukan kegiatan yang bermanfaat dapat menjadi salah satu cara untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dan menghargai jasa-jasa mereka. Revitalisasi nilai-nilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah, rela berkorban dan menjunjung tinggi rasa solidaritas serta sportivitas adalah tujuan yang diangkat oleh madrasah yang dinahkodai oleh Ahmad Musthofa di peringatan hari pahlawan kali ini.

Untuk menciptakan para peserta didik dengan karakter pahlawan tersebut, MTs Negeri 5 Malang mengadakan lomba-lomba yang diikuti oleh seluruh kelas dari kelas 7 sampai kelas 9. Kegiatan yang digagas oleh PKM. Kesiswaan MTs Negeri 5 Malang ini dalam pelaksanaannya dibantu oleh para peserta didik yang tergabung dalam kepengurusan Osis.

Sebelum pelaksanaan lomba, terlebih dahulu diadakan Apel Peringatan Hari Pahlawan di halaman belakang madrasah. Pada kesempatan ini seluruh warga madrasah mengenakan kostum pahlawan sesuai interpretasi masing-masing. Ahmad Musthofa selaku kepala madrasah bertindak sebagai Pembina apel. Dalam amanatnya, Musthofa berharap para peserta didik dapat  meneladani semangat para pahlawan dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala madrasah ini sempat melempar kuis seputar hari pahlawan dengan iming-iming hadiah menarik. Sayangnya, dari sekian pertanyaan yang diberikan tidak ada yang mampu menjawab dengan benar. Walaupun demikian, kuis tersebut telah membuat suasana apel menjadi meriah dan para peserta apel merasa antusias.

Selepas apel, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba. Lomba pertama adalah Lomba Sajian Masakan Nusantara. Lomba ini diikuti oleh 26 kelompok dari seluruh kelas yang ada. Anang Zunaidi dan Bisri Mustofa yang menjadi juri lomba ini mengungkapkan sulitnya menentukan pemenang. Hal ini lantaran masing-masing kelompok yang terdiri 5 orang peserta ini mampu menyuguhkan hasil olahan masakan khas nusantara dengan apik dan menarik. 

Walaupun demikian telah ditentukan dua pemenang dari masing-masing jenjang -sesuai dengan akumulasi kompisisi nilai yang diperoleh.  Para pemenang itu adalah kelas 7E sebagai juara 1 dan 7G sebagai juara 2 untuk jenjang kelas 7. Untuk jenjang kelas 8, kelas 8A sebagai juara 1 dan 8D sebagai juara 2. Sedang untuk kelas 9, 9C menjadi juara 1 dan 9H sebagai juara 2.

Berikutnya adalah Lomba Fashion Show “Cosplay Pahlawan”. Karpet digelar di depan gedung Tata Usaha MTs Negeri 5 Malang untuk lomba ini. Ratusan peserta didik menyaksikan di sekeliling karpet tersebut. Mereka menyaksikan para peserta Lomba Cosplay Pahlawan yang elegan menirukan para pahlawan. Zulfa Kunti dan Risa Nur yang menjadi juri lomba ini menyebutkan para pemenangnya. Mereka adalah peserta dari kelas 9I yang menirukan  Cut Martha - Pattimura dan kelas 8A yang menirukan tokoh Fatmawati - Ir. Soekarno. Kelas 9I berhasil menjadi juara 1 dan 8A menjadi juara 2.

Lomba Singer Lagu Wajib Nasional dan Indonesian POP dengan juri Andi Muchtar dan Nasuin tak kalah menyajikan keseruan kegiatan peringatan Hari Pahlawan. Bertempat di aula MTs Negeri 5 Malang, para peserta dengan suara-suara emas bersaing memperebutkan juara. Hasil dari lomba singer ini adalah Cinshi dari kelas 7C sebagai juara 1 dan Abi Putra dari 7H sebagai juara 2. Sementara dari jenjang kelas 8,Yollanda 8C menjadi juara 1 dan Rifana dari kelas 8H sebagai juara 2. Untuk kelas 9, Shila dari kelas 9B sebagai juara 1 dan Tio Wahyu dari 9H mendapat juara 2.

Lomba Pidato Bahasa Indonesia mengambil 2 juara dari masing-masing jenjang. Deni Bayu yang bersama dengan Fiqi Nurhamidah menjadi juri mengungkap para  peserta lomba yang menjadi pemenang. Kanza dari kelas 7C menjadi juara 1 diikuti oleh Abinaya 7A sebagai juara 2. Untuk jenjang kelas 8, Jeanes dari kelas 8D berhasil menjadi juara 1 dan Nisa Arum 8H sebagai juara 2. Untuk kelas 9, Risa Aini 9A sebagai juara 1 dan Qoridatus 9H sebagai juara 2. 

Lomba Vlog yang menjadi ajang adu ide dan kreativitas memiliki daya tarik tersendiri. Adib Qosim yang menjadi  juri menilai para peserta lomba memiliki talenta di bidangnya masing-masing. Kemudian, lomba ini menghasilkan beberapa pemenang. Untuk jenjang kelas 7, kelas 7H menjadi juara 1 dan kelas 7A menjadi juara 2. Sementara itu, kelas 8A menjadi juara 1 dan kelas 8H mendapat juara 2 untuk jenjang kelas 8. Kelas 9C sebagai juara 1 dan 9D juara 2 untuk kategori lomba vlog jenjang kelas 9. 

Selamat untuk para pemenang lomba. Tetap semangat untuk yang belum beruntung. Perlu diingat bahwa lomba ini tidak semata untuk mencari pemenang tapi juga untuk mengasah minat dan bakat. Terakhir, MTs Negeri 5 Malang mengucapkan selamat memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin