Suksesnya P5 Suara Demokrasi MTs Negeri 5 Malang

  • Mas Admin
  • Disukai 0
  • Dibaca 553 Kali
Dokumentasi kegiatan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang sering disingkat dengan P5 di MTs Negeri 5 Malang berlangsung hingga di minggu ke-empat bulan September 2023. 

Pada minggu ke-dua, ada banyak agenda yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan P5. Diantaranya adalah pemilihan pasangan calon(Paslon) ketua dan wakil Osis untuk masing-masing kelompok; ada 4 kelompok pada kegiatan P5 di MTs Negeri 5 Malang. Paslon pertama adalah Muhammad Reyndra Widodo dari kelas 8B dan Sinta Nur Afifah dari kelas 8C sebagai calon ketua dan wakil Osis. Paslon ke-dua adalah  Oktavian Hadi dari kelas 8A sebagai calon ketua Osis dan Abimanyu dari kelas 7D sebagai calon wakil Osis. Paslon ke-tiga adalah Kirana Athifa dan Riska Dwi, dan Paslon terakhir adalah paslon Candy Aura dari kelas 8I dan Naila Afrelia dari 7A. 

Selain pemilihan  paslon, kegiatan lainnya adalah pendampingan tentang strategi publikasi dan promosi serta pemaparan strategi kampanye. Kemudian, pada minggu ke-dua di bulan September ini juga diadakan diskusi Penyusunan visi, misi, program, jargon, perencanaan media, alat, bahan kampanye, dan juga desain media kampanye dari masing-masing paslon.

Di minggu ke-dua ini juga diberikan materi kepada anggota kelembagaan pemilihan ketua Osis(Pilketos) yang terdiri dari KPU sampai dengan KPPS. Para peserta didik yang tergabung ke dalam kelembagaan Pilketos tersebut juga didampingi dalam perancangan tahap-tahapn Pilketos. Tahap-tahap itu meliputi pendaftaran calon, seleksi administrasi, tes akademik, tes wawancara, debat, pelaksanaan pilketos, tahap perhitungan, dan pengumuman hasil. 

Pada kegiatan P5 ini para peserta didik memang diajak untuk aktif berkegiatan sehingga dapat menyiapkan diri sebagai bekal kelak ketika telah terjun di tengah-tengah masyarakat. Apalagi bagi mereka yang tergabung ke dalam kelembagaan Pilketos dan juga para Paslon ketua Osis beserta tim suksesnya; setiap tahap yang mereka ikuti memiliki tantangannya tersendiri.    

Bagi ke-empat paslon, sebelum sampai pada tahap pilketos, terlebih dahulu mereka diuji dalam tahap Tes wawancara yang mengukur kesiapan mereka untuk bisa menjadi pucuk pimpinan ketua dan wakil Osis. Selain itu, mental dan kecakapan mereka dalam mengkomunikasikan gagasan serta solusi pemecahan masalah benar-benar teruji dalam ajang debat terbuka di depan ratusan siswa dan juga dewan guru MTS Negeri 5 Malang. 

Ajang debat paslon diadakan di musola dengan diikuti oleh semua peserta didik dari kelas 7 dan 8. Dengan dipandu oleh Anang Zunaidi, kegiatan debat bisa berjalan semarak. Terlihat paslon mana yang tangkas dalam menjawab pertanyaan dari audien, serta paslon mana yang lemah dalam menyampaikan argumen. Sorak-sorai pun bergemuruh mengiringi jalannya debat ini.

Sementara itu, tim sukses dari masing-masing paslon memiliki tugas untuk mencari suara –berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan tugasnya. Perencanaan kampanye, penyebaran pamflet, pembuatan video promosi, pembuatan yel-yel adalah bagian dari tugas mereka. Tugas yang berkaitan dengan penjaringan suara paslon itu mengharuskan  para tim sukses untuk mengerahkan segala kemampuan terbaiknya. Hal ini justru efektif untuk memacu kreativitas dan melatih kecakapan berfikir peserta didik.  

Setelah melewati beberapa rangkaian kegiatan, pemilihan ketua Osis(Pilketos) dilaksanakan pada hari Selasa(26/10). Kegiatan ini dipusatkan pada empat titik, yaitu di Aula, Mahad, Kelas 7CDE, dan musola. Proses pemilihan pun berjalan lancar. Para petugas KPPS menajalankan tugasnya dengan baik. Perlu diketahui bahwa proses Pilketos di MTs Negeri 5 Malang ini seperti pelaksanaan pemilu di masyarakat pada umumnya. Ahmad Musthofa, Kepala MTs Negeri 5 Malang yang ikut memantau jalannya pemilihan begitu antusias dalam menggunakan hak pilihnya. Kepala MTs Negeri 5 Malang ini mengapresiasi para petugas P5 Suara Demokrasi baik itu dari unsur dewan guru/staff karyawan maupun peserta didik MTs Negeri 5 Malang yang telah mencurahkan kemampunnya untuk menyukseskan acara ini.

Terselenggaranya kegiatan P5 dalam bingkai Suara Demokrasi ini tak lepas dari kerja keras tim, khususnya mereka yang mendapat amanah menjadi petugas. Nashirul Umam selaku ketua pelaksana P5 Suara Demokrasi ini mengaku senang telah mampu melaksanakan tugas yang kurang lebih berjalan selama satu bulan ini.  Walau sempat tertunda beberapa hari, proses penghitungan suara dapat terselesaikan pada hari Senin(2/10). Adapaun yang memenangi kontestasi pilketos ini adalah paslon nomor urut 2, yaitu pasangan Oktavian Hadi dan Abimanyu dengan total suara 768.

Selamat kepada Oktavian Hadi dan Abimanyu telah berhasil memenangi pilketos, semoga bisa menjadi ketua dan wakil Osis MTs Negeri 5 Malang yang amanah pada periode berikutnya.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin