MTs Negeri 5 Malang Gelar Acara Purnawiyata Tahun Ajaran 2023/2024

  • Mas Admin
  • Disukai 2
  • Dibaca 57 Kali
Dokumentasi kegiatan

MTs Negeri 5 Malang(21/5)Salawat yang dibawakan tim Al Banjari Al Musthofa mendayu, menyampaikan puji-pujian kepada Kanjeng Nabi -menjadi pembuka acara Purnawiyata Peserta didik kelas 9 MTs Negeri 5 Malang. Berikutnya, tari saman yang ditampilkan oleh peserta didik kelas 7-8 binaan Bu Ayu Anggraeni mampu menghangatkan suasan.

Setelah itu ada  kirab menuju area acara yang dimulai dengan barisan pasukan pembawa bendera, kepala madrasah, Wakil kepala madrasah, kepala TU, dewan guru, staf, dan karyawan serta peserta purnawiyata kelas 9A-9I MTs Negeri 5 Malang. Menurut Bu Alfi selaku staf Kesiswaan, pada tahun ini ada 269 peserta didik yang diwisuda.

Bu Zulfa dan Bu Dima yang menjadi MC Pra Acara kemudian menyerahkan jalannya acara kepada MC Inti acara; Danish siswa kelas 8A, Anisaul kelas 8B, dan Anggun kelas 8A. Ketiga peserta didik MTs Negeri 5 Malang itu memandu acara dengan 4 bahasa yang berbeda; Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Natasya dari kelas 8A mengawali inti acara. Setelah itu para peserta didik yang berprestasi; baik di bidang akademik maupun non akademik beserta wali murid naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan dari madrasah. Prosesi wisuda yang menjadi inti acara menyusul berikutnya. Setiap wisudawan naik panggung untuk menerima pengalungan gordon sebagai tanda kelulusan dan pemberian rapor hasil belajar langsung oleh kepala madrasah.

Nickita Bintang dari kelas 9A mewakili siswa-siswi kelas 9 memberikan sambutan pada acara purnawiyata ini. Selain itu ada "surprise" dari beberapa peserta didik kelas 9 dengan memberikan karangan bunga serta lagu "ibu" yang dipersembahkan kepada orang tua mereka di arena wisuda.

Bapak Nurmawan Wibowo selaku Camat Donomulyo berkesempatan memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi kepada keluarga MTs Negeri 5 Malang serta  memotivasi kepada peserta purnawiyata untuk terus belajar. Tidak hanya Camat, Kapolsek dan Danramil pun juga turut memberikan sambutan.

Sambutan dari Bapak Ahmad Musthofa yang merupakan kepala MTs Negeri 5 Malang disampaikan penuh haru. Dalam kesempatan memberikan sambutan ini, Abah Mus(sapaan Bapak Ahmad Musthofa) sekaligus berpamitan kepada segenap yang hadir karena sebentar lagi akan pindah tugas ke MAN 1 Malang.

Tampilan 3 atlet Pagar Nusa menghipnotis para hadirin dengan gerakan-gerakan silat yang memukau. Sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Bapak Sahid, MM. memberikan pesan-pesan khusus bagi guru, wali murid, serta peserta purnawiyata. Sambutan wali wisudawan oleh Bapak Miut Azus menempati urutan acara berikutnya.

Adalah ludruk "Tulus" dari Komunitas Orang Seni Tsanedo(KOS) besutan Bapak Anang Zunaidi yang mampu menggugah kembali antusias peserta dan hadirin kegiatan Purnawiyata kali ini. Ludruk yang ditampilkan oleh beberapa peserta didik kelas 7 dan 8 ini berkisah tentang misi seorang kurir dalam menyampaikan pesan kepada seorang ratu. Ludruk ini pun sukses menyampaikan pesan-pesan penuh makna.

Kemudian kegiatan ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Azainal Arif. Setelah itu masih ada sesi foto setiap anggota kelas kelas dengan wali kelas masing-masing. 

Selamat para wisudawan-wisudawati, semoga ilmu yang kalian peroleh bisa bermanfaat dan barokah, aamiin.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin