Pondok Ramadan MTs Negeri 5 Malang Tahun 1445 H

  • Mas Admin
  • Disukai 0
  • Dibaca 187 Kali
Pondok Ramadan

Memasuki bulan Ramadan 1445 H, MTs Negeri 5 Malang mengadakan Pondok Ramadan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari yaitu pada tanggal 13, 14,15, 26, 27, dan 28 Maret 2024. Pondok Ramadan merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan Ramadan. Namun demikian, materi kegiatan ini selalu bervariasi setiap tahunnya.

Di tengah kegiatan Pondok Ramadan ini ada jeda untuk pelaksanaan kegiatan Sumatif Tengah semester(STS) untuk kelas 7 dan 8 serta kegiatan Penilaian Akhir Tahun(PAT) untuk kelas 9. Sementara itu, kegiatan Pondok Ramadan ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 7 dan 8 karena untuk kelas 9 difokuskan persiapan ujian Asesmen Madrasah yang tinggal sebentar lagi.

Kegiatan Pondok Ramadan diawali dengan salat dhuha berjamaah dan dilanjut dengan pengajian kitab Irsyadul Ibad yang dibina oleh Bapak Zainal Arif. Peserta pada kegiatan pengajian ini adalah semua siswa dari kelas 7, 8, dan 9.  Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi. Materi-materi itu adalah Moderasi Beragama, Thaharah, Salat, Puasa, dan Zakat. Pemateri kegiatan ini adalah para dewan guru MTs Negeri 5 Malang. 

Pada sesi penyampaian materi ini peserta Pondok Ramadan dibagi ke dalam 4 kelompok. Peserta dari kelas 7 putra berada di aula kelas 7CDE. Kelompok putra kelas 8 di musolla. Kelompok putri kelas 7 berada di Aula lantai 2, dan kelompok putri kelas 8 berada di gedung ma’had. Setelah materi selesai, kegiatan dilanjut dengan tadarus Al-Qur’an di kelas masing-masing sampai waktu dhuhur tiba.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, pada Pondok Ramadan ini juga diadakan pembayaran zakat. Mereka membayarkan zakat di madrasah dengan dipandu oleh dewan guru. Zakat ini kemudian ditasarrufkan kepada para siswa yang berhak(mustahik) dan juga warga sekitar yang merupakan kategori mustahik. Selain untuk menunaikan kewajiban seorang muslim, kegiatan ini juga merupakan sarana praktik ilmu syariat yang telah dipelajarai oleh para siswa di madrasah.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin