Serba-Serbi Peringatan Hari Guru Nasional MTs Negeri 5 Malang

  • Mas Admin
  • Disukai 0
  • Dibaca 61 Kali
HGN 2023


Baju jadul lengkap dengan blangkon khas  Jawa dikenakan beberapa orang guru. Baju adat Madura, bali, betawi dan beberapa baju daerah Indonesia lainnya turut pula menghiasi upacara Hari Guru Nasional 2023 di MTs Negeri 5 Malang pada hari Sabtu(25/11). Baju adat itu dikenakan dewan guru serta karyawan yang di hari istimewa ini menjadi petugas upacara. Sementara para peserta didik mengenakan seragam batik yang menjadi ciri khas madrasah ini. 

Suara Nasuin yang menjadi pembawa acara lantang menggema berwibawa, membawa suasana upacara Hari Guru Nasional 2023 penuh hikmat. Upacara Hari Guru Nasional pun dimulai. Berikutnya Suyitno, pemimpin upacara ini melangkah tegap menuju lapangan upacara, memberi aba-aba kepada seluruh peserta. Heni Kurniawan dan Risa Nur Bienti kemudian melanjutkan aba-aba, memberi komando untuk bersiap mengikuti upacara bagi kompi barisan putra dan putri. Begitu juga, aba-aba persiapan dilakukan oleh Dian Indriani yang menjadi dirigen tim paduan suara Tsanedo Voice. 

Pengibaran bendera merah-putih yang dilakukan oleh Ahmad Fajar Arifin, Liya Peni Susanti, dan Zulfikar Lutfi dan diiirngi dengan lagu Indonesia raya oleh tim paduan suara beranggotakan dewan guru-karyawan MTs Negeri 5 Malang membuat suasana sakral upacara ini demikian terasa. Para peserta didik yang kini semuanya menjadi peserta upacara tampak larut dalam mengikuti jalannya kegiatan. Mereka menyaksikan para dewan guru yang melaksanakan dengan baik masing-masing tugasnya. Teks Pancasila dibawa dengan sigap oleh Andi Muchtar. Sementara Teks UUD 1945 dibaca oleh Siti Supiyatun dengan lantang. 

Ahmad Musthofa selaku kepala MTs Negeri 5 Malang bertindak sebagai Pembina upacara. Pesan-pesan dalam amanatnya menggetarkan, setiap kata-kata tertata demikian rupa, berjeda, membawa peserta upacara mampu menyelami maknanya. Ucapan terima kasih disampaikan kepada segenap dewan guru dan karyawan yang terus bersinergi dalam membangun dan mengembangkan madrasah. Harapan-harapan pun disampaikan, bahwa ada harapan besar setiap peserta didik dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat di madrasah ini. Dan kelak di kemudian hari mereka bisa menjadi orang-orang sukses serta mampu menyebarkan kebaikan.

Acara kemudian ditutup dengan doa yang dibaca oleh Bisri Mustofa. Walaupun demikian, acara peringatan Hari Guru Nasional ini belum benar-benar selesai. Ada tampilan-tampilan dari guru dan siswa. Kali ini Ahmad Musthofa turun tangan menjadi pemandu acara dan dibarengi oleh Suyitno. Selingan acara diawali oleh Puput dan Refita, dua peserta didik yang baru saja mengikuti lomba singer di MAN 3 Malang dan SMEKID. Berikutnya Tio Wahyu membawakan lagu “Nemu” yang cukup digemari. Tidak hanya itu, Tio juga mampu menirukan suara beberapa orang guru dengan apik dan lucu. 

Selain itu ada Aldo yang mempertontonkan seni bela diri. Tidak cukup anak didiknya, Noor Effendi yang merupakan Pembina Pagar Nusa MTs Negeri 5 Malang pun menampilkan seni bela diri,  kontak saja, tampilannya membuat ramai tepuk tangan dan riuh teriakan hiteris. Setelah itu Noor Effendi dan Andi Muchtar dipanggil ke depan oleh Ahmad Musthofa untuk diberikan penghargaan atas prestasinya selama ini dalam membawa anak didiknya memenangi banyak event lomba. 

Tidak hanya guru berprestasi, peserta didik yang baru saja memenangi event olimpiade dan lomba singer juga diberikan apresiasi. Mereka adalah Risa, Firdausy, Aurel, dan Anisa yang memenangi Olimpiade PAI di MAN 3 Malang sebagai juara 1-3. Berikutnya ada Nayshilla, Shyla, dan Puput yang memenangkan lomba Singer di MAN 3 Malang dan SMEKID Donomulyo. Selain itu Ahmad Musthofa juga memanggil beberapa peserta didik dan guru untuk maju guna menjawab quiz. setiap mereka yang maju menjawab quiz diberi penghargaan berupa uang oleh kepala madrasah dermawan ini.

Di sudut lain, Nanang Abdul Azizi sibuk mendokumentasikan kegiatan. Sosok yang menjadi peliput setiap kegiatan namun jarang terliput ini sibuk mengambil foto dan video untuk mengabadikan moment. Acara selanjutnya adalah bersalam-salaman dan memberikan ucapan selamat hari guru dari para peserta didik kepada para guru. Dan acara benar-benar berakhir dengan diadakannya sesi foto dewan guru.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin